Perkembangan dan Kemajuan Teknologi serta Tips dan Trik mengikuti PATI


            A.    Perkembangan dan Kemajuan Teknologi

Kita sekarang hidup di zaman modern, banyak sekali perkembangan serta kemajuan teknologi saat ini. Dari mulai huruf A sampai dengan Z dan dari angka 1 sampai dengan 10 semuanya ada dan dapat diciptakan kalau mempunyai usaha. Akan tetapi manusia tetap mempunyai batasan dalam hal tersebut.

Bukan tidak mungkin semua penemu langsung dapat menemukan sesuatu sesuai yang dia inginkan, tetapi semua hal harus ada prosesnya. Setiap saat ide – ide baru muncul ke permukaan, keinginan untuk membuat sesuatu menjadikan semua manusia haus akan hal tersebut. Sekarang bagaimana kita sebagai Mahasiswa menyikapi permasalahan tersebut. Tentu kita tidak akan berdiam diri hanya dengan duduk santai di bangku belakang ruangan kuliah. Saat kita sedang asik duduk santai, negara – negara luar telah menciptakan inovasi terbaru di Bidang Teknologi contohnya negara Jepang, saat ini mereka telah mengembangkan ROBOT yang ukurannya hanya sebesar jari manusia saja. Robot ini akan bergerak bebas di dalam tubuh manusia untuk melakukan proses pembedahan atau hanya sekedar pemeriksaan. Hal ini diungkapkan oleh salah seorang asisten professor dari Universitas Ritsumeikan, Makato Nokata. “dengan adanya teknologi ini, maka si pasien tidak perlu di bedah dari luar dan proses penyembuhannya akan lebih cepat” katanya dengan bangga. Luar biasa sekali ide tersebut, semoga dapat diselesaikan.
Terus sekarang bagaimana dengan Indonesia? Apakah kita hanya akan menjadi bahan percobaan untuk ROBOT dari Jepang tersebut? Tentu saja tidak teman – teman. Sekarang kita harus memulai dengan memikirkan ide – ide baru untuk kemajuan kita bersama di Bumi Indonesia tercinta.
Pertanyaan pun muncul, “ bagaimana kita bisa maju kalau sekolah saja susah?” ini merupakan pertanyaan sekaligus kritikan bagi Pemerintah Indonesia. Namun walaupun kita selalu terhambat dengan masalah – masalah seperti di atas, kita harus tetap maju dan harus tetap berusaha menciptakan inovasi terbaru terutama di bidang teknologi.

Namun sekarang karena kemajuan teknologi semakin pesat, banyak para manusia yang salah menggunakan kemampuannya tersebut ke dalam hal – hal yang tidak dibenarkan. Contohnya apa yang dilakukan oleh salah satu Negara maju ini, yaitu Korea Utara. Baru – baru ini masyarakat di dunia dihebohkan oleh teknologi yang dibuat oleh negara ini, Korea Utara sekarang sedang menciptakan sesuatu dari Hidrogen. Lahh koq Hidrogen? Kan Hidrogen itu bagus? Benar, Hidrogen memamg bermanfaat namun di tangan Korea Utara Hidrogen tersebut menjadi menakutkan. Sebenarnya apa yang mereka ciptakan sampai sampai dibilang menakutkan? Ternyata Korea Utara sekarang telah menciptakan Bom Nuklir terbaru dengan memanfaat Hidrogen, tidak tanggung – tanggung Bom Hidrogen yang di uji coba Korea Utara diperkirakan berdaya ledak 100 Kilo Ton. Dapat pula disebut, bom ini berkekuatan lebih besar dari Bom Atom yang dijatuhkan di Nagasaki pada tahun 1945. Woow luar biasa yah, ternyata di luar dari apa yang kita bayangkan. Inilah salah satu contoh di Bidang Teknologi yang salah di Aplikasikan. Ini memang bermanfaat bagi Korea Utara, namun menjai sangat berbahaya serta menjadi ancaman bagi Negara lain.
Itulah kenapa manusia tidak boleh keluar dari batasannya. Kita memang boleh memikirkan, menciptakan serta mewujudkan apa yang kita inginkan, namun semua hari ada batasannya. Jangan sampai kita melakukan hal baik menurut kita, namun menjadi sangat buruk bagi orang lain.

B.     Tips dan Trik Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi (PATI)

Universitas Muhammadiyah Malang memiliki banyak kegiatan yang bermanfaat bagi para mahasiswanya. Bukan saja menguntungkan bagi UMM namun juga menguntungkan bagi para peserta didiknya. Salah satu kegiatan pelatihan yang ada di UMM yaitu PATI (Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi). PATI merupakan kegiatan pengembangan bagi para Mahasiswa Baru yang ada di UMM. Kegiatan ini mencakup tentang Aplikasi Teknologi Informasi saat ini. Banyak hal yang diajarkan saat mengikuti PATI, mulai dari Konsep dasar Internet sampai dengan Hosting atau ruang penyimpanan secara online.

Saat mengikuti kegiatan PATI kita harus menyiapkan hal – hal yang diperlukan untuk menunjang kegiatan tersebut. Contohnya :
1.      Alat Elektronik
Alat elektronik seperti Smart Phone maupun Note Book atau Laptop. Barang – barang ini sangat dibutuhkan bagi para peserta yang mengikuti kegiatan PATI ini. Karena nanti aka nada tugas yang diberikan pada saat PATI.
2.       Kesehatan Mental serta Fisik
Kenapa hal tersebut penting? Karena nanti kita akan dipacu untuk mengerjakan tugas yang diberikan para instruktur PATI. Dengan Mental yang bagus dan fisik yang prima maka kita akan dengan mudah mengerjakan tugas tersebut walaupun tugas yang diberikan cukup sulit dan melelahkan.
3.      Selalu disiplin
Kenapa harus disiplin? Karena nanti saat kegiatan kita akan mendapatkan giliran/shift untuk massuk keruangan dan menerima materi. Kalau sampai kita terlambat maka akan mempengaruhi proses kita dalam kelulusan nanti.

Berikut merupakan Tips dan Trik bagi yang akan mengikuti Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi (PATI) di Universitas Muhammadiyah Malang. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer