Bitung Story


Bitung merupakan salah satu Kota yang berada di Provinsi Sulawesi Utara. Nama Kota Bitung berasal dari sebuah pohon, yaitu Pohon Bitung atau Witung. Buah pohon Bitung yang memulai sejarah di Kota Bitung ini.

Sejarah ini bermula saat ketika daerah Bitung yang dulunya banyak ditumbuhi oleh tumbuhan ini sehingga banyak para Nelayan  yang memanfaatkannya sebagai alat untuk berlabuh di lautan. Pohon ini sangat kuat dipakai berlabuh karena dapat melindungi perahu dari hantaman ombak yang lumayan dasyat. Maklum Kota Bitung merupakaan salah satu daerah yang berada di pinggiran pantai. Kota Bitung yang merupakan daerah strategis bagi pelayaran yang ada di Indonesia, sehingga banyak kapal yang singgah di Kota bitung. Pada waktu daerah ini belum memiliki nama, namun sudah banyak para pendatang yang mampir di daerah ini dan selalu menanyakan nama daerah tersebut. Karena hal ini kemudian diambillah nama “BITUNG” oleh para warga asli, dikarenakan daerah ini banyak ditumbuhi pohon yang bernama Bitung atau Witung.


Kota Bitung juga dikenal dengan sebutan Kota Cakalang, kenapa disebut Kota Cakalang? Karena daerah ini banyak ditemui Ikan Cakalang yang merupakan keluarga dari Ikan Tuna. Penduduk Bitung Kota Cakalang mayoritas dari Suku Minahasa dan Suku Sangihe. Penduduknya yang multietnis tersebut sebagian besar memeluk Agama Kristen Protestan, namun ada pula yang beretnis Jawa dan Gorontalo yang beragama Islam. Sedangkan etnis Tionghoa, memeluk agama Budha dan Konghuchu. Walaupun banyak Suku serta Agama yang berbeda tetap di Kota Bitung selalu menjunjung tinggi Toleransi Antar Umat Beragama. Karena semboyan dari Sulawesi Utara “TORANG SAMUA BASUDARA” maksudnya Kita Semua Bersaudara Walaupun Berbeda – beda.

Bitung juga memiliki ekowisata khas seperti Cagar Alam dan Pantainya yang sangat potensial memikat hati para wisatawan local dan mancanegara. Bitung juga memiliki salah satu hewan terkecil di dunia saat ini yaitu Tarsius dan juga memiliki salah satu hewan dari jenis unggas terbesar yang sudah mulai punah yaitu Burung Kasowari. Dan juga bitung merupakan penghasil ikan Cakalang terbesar di Indonesia. Tak heran, jika Bitung mendapatkan julukan sebagai “Kota Cakalang”.



Destinasi wisata yang ada di Bitung contohnya Cagar Alam Batu Angus, Pantai Kasowari, Tugu Jepang, Pulau Lembeh dan lain – lain. Semua destinasi wisata yang ada di Kota Bitung sangat  bagus untuk dikunjung bersama keluarga dan teman – teman.
Kemudian sekarang Kota Bitung selalu mengadakan Festival tahunan, yaitu Fetival Pesona Selat Lembeh (FPSL). Kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun 2016, banyak hal yang disajikan di Fetival tersebut.


JANGAN LUPA BERKUNJUNG KE KOTA BITUNG !!!!!
SALAM SATU KAWANUA, TORANG SAMUA BASUDARA

Komentar

  1. Jangan lewatkan Festival Pesona Selat Lembeh bulan Oktober tahun ini

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer